ng-share

Bookmark and Share

Rabu, 09 September 2009

DINOSAURUS DAN MANUSIA GUA

Banyak orang terpesona sekaligus takut pada dinosaurus, hewan besar yang lamban dari masa lampau. Terdapat banyak mitos tentang dinosaurus, namun yang paling populer dari 10 besar mitos tentangnya (menurut majalah New Scientist) adalah bahwa manusia hidup pada saat yang sama dengan dinosaurus.
Dinosaurus pertama kali muncul sekitar 228 juta tahun yang lalu, dan bertahan hidup unutk waktu yang lama, hingga sekitar 65 tahun yang lalu. (Sebagai perbandingan, manusia muncul sekitar tiga juta tahun yang lalu). Dinosaurus berbeda dari reptil modern karena mereka memiliki lima tulang belakang di pinggul mereka, bukannya dua seperti reptil lainnya. Tungkai dan lengan mereka juga tepat berada di bawah tubuh mereka, bukannya terletak di samping tubuh mereka, membuat mereka dapat berlari lebih cepat. Fosil yang pertama ditemukan di Si Chuan, China sekitar 300 SM, ketika Chang Qu menulis tentang "tulang naga"--yang sebenarnya tulang dinosaurus.
Era ketertarikan pada dinosaurus dimulai pada tahun 1820-an, ketika seorang pendeta, William Buckland, dan seorang ahli fiska, Gideon Mantell, secara terpisah menemukan beberapa tulang yang aneh dan sangat besar di pertambangan Inggris bagian selatan. Pada tahun 1842, ahli astronomi Inggris, Richard Owen, mengusulka agar hewan raksasa yang telah punah ini sebaiknya dinamai dinosaurus, dari kata dalam bahasa Yunani yang berarti "kadal yang menakutkan". Pintu-pintu menuju pesona dinosaurus benar-benar telah terbuka lebar.
Film pertama yang memunculkan dinosaurus adalah film tahun 1912 buatan D.W. Griffith, Man's Genesis.
Namun film dinosaurus pertam yang benar-benar menarik perhatian adalah Gertie the Dinosaur, sebua film animasi pada tahun 1914. Sejak itu, dibuatlah ratusan film yang menampilka dinosaurus, termasu film menarik pada tahun 1966 yang berjudul One Million Year B.C., di mana Raquel Welch--komplet dengan bikini menarik dari bulu, ketiak yang dicukur, dan rambut yang mengilap serta mudah diatur--hidup berdampingan dengan dinosaurus. Dinosaurus dan manusia gua juga hidup bersama di dalam film kartun The Flinstone, dan di dalam seri buku Dinotopia karya James gurney. Pada tahun 1920-an, seri buku Pellucidar karya Edgar Rice Burroughs menghidupkan mitos ini dengan menggambarkan gua besar di bawah tanah pada planet kita ini di mana dinosaurus dan manusia gua hidup bersama. Anda juga dapat menemukan manusia hidup bersama dinosaurus di dalam buku-buku pola merajut.
Semua ini hanyalah fantasi. Geologi memiliki banyak teknik penganngalan tersendiri, dapat diandalkan, dan akurat. semuanya menegaskan bahwa dinosaurus punah 65 juta tahun yang lalu. Di sisi lai, manusia belum muncul bentuknya seperti sekarang ini hingga beberapa juta tahun yang lalu.
Namun, di dalam ksus ini, ilmu pengetahuan memberi kita jalan keluar yang romantis untuk mempercayai bahwa dinosaurus dan manusia hidup berdampingan. Burung-burung, yang muncul sekitar 150 juta tahun yang lalu, dapat dianggap sebagai dinosaurus. Jadi, jika kita tidak hidup besamadinosaurus, paling tidak kita hidup dengan keturunan dekat mereka, yang sekarang memiliki bulu.

4 komentar:

Rizkyzone mengatakan...

masak manusia d samain m dinosaurus

Projector mengatakan...

Wehehe,,,, Ga Pertamax...

Mobile App Developers mengatakan...

Amazing blog and very interesting stuff you got here! I definitely learned a lot from reading through some of your earlier posts as well and decided to drop a comment on this one!

GST Registration in Delhi mengatakan...

Great post. All readers will definitely like this post. Looking forward for your next post.

Posting Komentar