ng-share

Bookmark and Share

Minggu, 06 September 2009

TANPA MINYAK


Daripada pusing oleh ketidakpastian harga minyak sekarang, ada baiknya mulai melirik produk-produk berbasis teknologi nonminyak. Kebanyakan masih berupa prototipe, krisis minyak membuat peranti ini memperoleh momentum untuk segera dipasarkan. Berikut ini beberapa prototipe produk yang menggunakan teknologi fuel cell--solusi elektro-kimia yang memanfaatkan hidrogen dan oksigen untuk menghasilkan listrik

Sepeda Motor ENV
Ini teknologi milik Inteligent Energy, sebuah lembaga riset yang merupakan kolaborasi Department of Chemistry dengan Department of Aeronautical an Automotive Engineering, Loughborough University, Inggris. Sepda motor dengan desain mirip taril ini menggunakan bahann bakar hidrogen—tidak bising dan sebagian besar emisinya cuma berupa uap air. Prototipenya sudah dipamerkan di London, Monako, Los Angeles, dan New York.


Telepon Air
Telepon ini menggunakan teknologi liquid fuel cell yang Cuma memerlukan air untuk aktivasinya. Nec menamakannya Flask Cell Phone.




Generator Air
Generator mini buatan Horizon Fuel Cell Technologies dan Millennium Cell ini menggunakan baterai hidrogen. Cuma butuh air bersih untuk mengaktifkannya. Tersedia akhir tahun ini.




Catu Daya Metanol
Ingin menghemat listrik? Catu daya buatan Sony ini berteknologi hybrid fuel cell. Perusahaan Jepang ini memarkannya pada Small Fue Cells Expo di Atlanta. Ukurannya hanya 5 x 3 sentimeter. Dengan 10 milimeter metanol saja, telepon seluler anda bisa hidup hingga 14 jam.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

May this article you also read..
Synthetic Fuel

Posting Komentar