ng-share

Bookmark and Share

Sabtu, 05 September 2009

WASPADA LIBURAN DI GUNUNG


Liburan di gunung memang menyenangkan . Namun waspadalah, pada hari pertama anak-anak bisa terserang penyakit pegunungan akut (acute mountain sickness). Gejalanya, sakit kepala, mual, kelelahan, dan sulit tidur.
Sayangnya, sedikit demi sedikit info tentang serangan ini. Banyak orang tua yang buru panik sehingga memberikan obat yang sebenarnya tak perlu kepada anak-anak. Hasil penelitian tentang masalah ini dipaparkan di jurnal Pediatrics edisi awal 2009.
Jonathan Bloch, dokter dari Rumah Sakit Universitas Lausanne, Swiss, dan timnya melakukan penelitian terhadap 48 anak sehat yang baru kembali dari Jungfraujoch, kawasan wisata di dataran tinggi. Untuk mencapainya, anak-anak yang rata-rata berumur 14 tahun itu mesti menanjak dengan kereta api dari ketinggian 568- ke 3450 meter di atas permukaan laut.
Hasilnya, 37.5% dari responden mengalami serangan ini pada tiga hari pertama. Problem ini dengan sendirinya teratasi dua hari  berikutnya, setelah anak-anak itu menyesuaikan diri.
Serangan ini memang relatif tak berbahaya, nmaun tetap patut diwaspadai berkembang lebih parah. Kalaupun mau menegak obat, sebaiknya dibatasi hanya pada gejala yang timbul, misalnya obat sakit kepala.

0 komentar:

Posting Komentar