ng-share

Bookmark and Share

Sabtu, 05 September 2009

JANGAN SEPELEKAN GUSI BERDARAH

Sudah benarkah cara anada menggosok gigi? Bila belum, segeralah menyempurnakannya. Bukan apa-apa, selain kebisaan merokok, kegemukan, dan kadar kolesterol tinggi, kesehatan mulut ternyata ikut memicu terjadinya penyakit jantung. “Tak peduli kurus atau gemuk, kalau gigi anda bermasalah, serangan jantung pun akan menguntit,” kata Howard Jenkins dari Universitas Bristol, Dublin, seperti dikutip AFP, pekan lalu.
Menurut Jenkins hal itu terjadi karena di dalam mulut manusia, paling tidak bersarang 700 bakteri. “Mulut bisa jadi merupakan tempat paling kotor dalam tubuh manusia,” kata Steve Kerrigan, kolega Jenkins. Kesehatan mulut harus dijaga. “Saat gusi berdarah, bakteri tersebut akan masuk ke dalam aliran darah,” ujar Jenkins lagi.
Nah bakteri itu hinggap dan menumpuk di saluran darah. Bila itu yang terjadi, bukanmustahil aliran darah ke jantung pun akan terganggagu. “Itulah yang akan menyebabkan serangan jantung atau stroke,” ujar Jenkins.
Penelitian lain dari Universitas Otago Dunedin, Selandia Baru, menguatkan hal itu. Menurut Greg Seymour, ketua penelitian, hasil bakteri dari mulut juga menyebabkan atherosclerosis atau penyakit aibat tersumbatnya arteri.

0 komentar:

Posting Komentar